Tuliskanlah Kata "Cinta" Ketika Penggalangan Dana


Ini serius! Ternyata sebuah kata dapat memiliki efek terhadap perilaku altruistik*) seseorang.

Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak cara yang digunakan orang untuk mendapatkan simpati orang lain saat ingin menggalang dana, ada yang mengadakan konser, ada yang datang dari rumah ke rumah, ada juga yang menaruh kotak di pinggir jalan. Ada yang menggunakan kata-kata verbal, ada juga yang menggunakan perilaku nonverbal seperti tersenyum atau menatap.

Terkait dengan hal tersebut, dua orang peneliti dari universitas di Perancis yaitu Gueguen dan Lamy (2011) melakukan sebuah eksperimen dengan menggunakan kata "Loving" atau "Mencintai" sebagai bagian dari kata-kata yang dituliskan pada sebuah kotak amal. Mereka menaruh kotak-kotak penggalangan dana di dekat mesin kasir pada 14 toko roti. Kotak-kotak itu bertuliskan pesan yang menjelaskan adanya proyek kemanusiaan untuk anak-anak Afrika yang dilakukan oleh para mahasiswa pada baris pertama. Kemudian di baris bawah, terdapat kata-kata "DONATING=LOVING" (Beramal=Mencintai)- perlakuan 1,atau
"DONATING=HELPING" (Beramal=Membantu)- perlakuan 2,atau
tanpa kata-kata sama sekali pada baris bawah - perlakuan 3/kelompok kontrol.

Ketiga jenis perlakuan tersebut kemudian dibandingkan. Selama 12 hari eksperimen, masing-masing perlakuan dilaksanakan selama 4 hari di 14 toko roti tersebut. Pada saat toko tutup, jumlah dana yang dihasilkan per hari dikumpulkan dan dicatat.

Hasilnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara Perlakuan 1 dengan perlakuan 2 dan perlakuan 3, di mana rata-rata jumlah uang yang dihasilkan saat perlakuan 1 lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan 2 dan 3. Sementara itu, tidak ditemukan perbedaan signifikan antara perlakuan 2 dengan perlakuan 3.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kata "Loving" atau "Mencintai" berhubungan dengan perilaku altruistik yang lebih tinggi. salah satu penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi adalah dengan membahasnya dari teori 'spreading activation'. Konsep mencintai memicu aktifnya konsep lain yang berhubungan dengan perasaan kasihan, dukungan, atau solidaritas, yang kemudian membuat partisipan dalam penelitian ini lebih cenderung memberikan sumbangan.

Penelitian tersebut menunjukkan bagaimana sebuah intervensi sederhana dan berbiaya rendah dapat meningkatkan perilaku beramal. Hanya dengan menambahkan kata 'DONATING=LOVING' sudah membuat perbedaan besar.

Eksperimen ini sendiri diadakan di akhir tahun, pada masa-masa natal yang identik dengan niat baik, kemurahan hati, dan memberi. Pelaksanaan eksperimen di waktu lain sebagai perbandingan tampaknya diperlukan. Selain itu, kita tidak tahu apakah lebih banyak konsumen yang menyumbang atau jumlah konsumen sama tetapi menyumbang dalam jumlah yang lebih besar. Oleh karena itu, penambahan kamera video untuk menghitung secara jelas jumlah orang yang menyumbang diperlukan untuk evaluasi.

Semoga eksperimen ini menginspirasi Anda!


*) cat: altruisme merupakan perilaku membantu yang murni dimotivasi oleh keinginan untuk mengurangi penderitaan korban dan bukan karena mengharapkan imbalan (Bordens & Horowitz, 2008).

Referensi:
Bordens, K.S., & Horowitz, I.A. (2008). Social psychology. St. Paul, MN: Freeload Press.

Gueguen, N., & Lamy, L. (2011). The effect of the word "love" on compliance to a request for humanitarian aid: an evaluation in a field setting. Social Influence, 6(4), 249-258. doi:10.1080/15534510.2011.627771

Gambar diambil dari: Master isolated images

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Bising!

Eksperimen-Eksperimen Klasik yang Menarik Perhatianku

Culture Shock: Shock Karena Bertemu Budaya yang Berbeda