"Seluruh Kode Genetik" Kanker Berhasil Dipecahkan


lmuwan telah membuka keseluruhan kode genetik dari dua jenis kanker yang paling umum:
kanker kulit dan paru. Hal tersebut adalah sebuah pergerakan yang mereka katakan dapat
merevolusi perawatan kanker.

Peta kanker tidak hanya akan membuka jalan untuk pengetesan darah dalam menentukan titik
tumor lebih dini, Ilmuwan juga akan dapat menghasilkan target obat baru, ungkap tim Wellcome Trust.

Ilmuwan di seluruh dunia sekarang sedang bekerja untuk mengkategorikan semua gen yang menyimpang pada banyak jenis kanker manusia.

Inggris sedang meneliti kanker payudara. Jepang meneliti hati dan India meneliti mulut.
Cina sedang mempelajari kanker perut, dan Amerika sedang meneliti kanker otak, indung telur, dan pankreas.

Ilmuwan The International Cancer Genome Consortium dari 10 negara yang terlibat mengatakan bahwa penelitian ini akan memakan waktu setidaknya 5 tahun dan menghabiskan ratusan dollar. Akan tetapi, sekali mereka telah menyelesaikan ini, para pasien akan memetik keuntungannya.

Profesor Michael Stratton, yang merupakan pimpinan peneliti dari Inggris, mengatakan bahwa
katalog ini akan mengubah cara kita berpikir tentang kanker seseorang. Dengan mengidentifikasi semua gen kanker, kita akan dapat mengembangkan obat baru yang ditargetkan pada gen-gen spesifik yang termutasi, serta menemukan pasien mana yang akan diuntungkan dari perlakuan baru ini. Beliau juga mengatakan bahwa mungkin kita juga akan dapat mengembangkan sebuah model pengetesan darah untuk orang dewasa yang sehat untuk mengecek apakah pola DNA-nya rentan kanker atau tidak.

Lebih lanjut, hasil temuan mengenai kanker kulit mengungkap bahwa kode DNA untuk kanker tersebut diberi nama Melanoma yang mengandung 30.000 penyimpangan dan hampir semuanya disebabkan oleh terlalu banyak paparan sinar matahari. Kanker Paru sendiri memiliki 23.000 penyimpangan yang sebagina besar disebabkan oleh asap rokok. Peneliti memperkirakan setiap 15 batang rokok berkontribusi terhadap 1 mutasi baru. Dr Peter Campbell mengatakan bahwa kebanyakan mutasi tersebut mendarat di bagian gen yang tidak
berbahaya, tetapi beberapa di antaranya akan menyentuh target yang tepat untuk terjadinya kanker. (Oleh karena itu, para perokok waspadalah....waspadalah....). Dengan mempelajari katalog DNA ini secara detail, ilmuwan akan dapat menemukan dengan tepat gaya hidup dan faktor lingkungan yang seperti apa yang akan memicu tumor yang berbeda.

Hasil penelitian ini akan menjadi harapan bagi para pasien dan juga masyarakat pada umumnya.
Pencegahan dan penanganan kanker diharapkan akan menjadi lebih baik di masa yang akan datang dengan adanya pemahaman mengenai kode genetik kanker ini. Kita semua berharap yang terbaik.

Referensi:
Roberts, M. (17 Desember 2009). Scientists crack 'entire genetic code' of cancer. BBC News.Diakses dari http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/8414124.stm

Gambar dari:
http://www.csb.yale.edu/userguides/graphics/ribbons/help/dna_rgb.gif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Bising!

Eksperimen-Eksperimen Klasik yang Menarik Perhatianku

Culture Shock: Shock Karena Bertemu Budaya yang Berbeda